Text
Penerapan metode bercerita menggunakan media Gambar Berseri dalam pengembangan keterampilan berbicara anak kelompok B di TK Srijaya Palembang
Penelitian Deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan metode bercerita menggunakan media gambar berseri dalam pengembangan keterampilan berbicara anak. Populasi penelitian 32 orang sampel 14 orang anak yang diambil secara purposif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi menggunakan instrumen check list dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Analisis hasil data pada pertemuan satu, dua, tiga diperoleh rata-rata anak yang berada pada rentang nilai 82-100 sebanyak 5 orang (38,09%) dengan kategori berkembang sangat baik (BSB) dan terdapat rata-rata anak yang berada pada rentang nilai 63-81 sebanyak 4 orang (30,94%) dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH), selanjutnya rata-rata anak yang berada pada rentang nilai 44-62 sebanyak 4 orang (26,18%) dengan kategori mulai berkembang (MB) dan rata-rata anak yang berada pada rentang nilai 25-43 sebanyak 1 orang (4,76%) dengan kategori belum berkembang(BB). Secara keseluruhan dapat disimpulkan gambaran keterampilan berbicara anak sudah baik dengan nilai rata-rata 75,88 dengan berkategori berkembang sesuai harapan (BSH). Untuk itu disarankan bahwa metode bercerita menggunakan media gambar berseri dapat digunakan dalam pembelajaran di TK.
No copy data
No other version available