Text
Pengembangan media pembelajaran visual berbasis comic life pada materi norma dan kebiasaan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran visual berbasis comic life pada materi norma dan kebiasaan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama yang valid, praktis dan mempunyai efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model pengembangan Hannaffin and Peck. Validasi media dinilai melalui tiga ahli yakni ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Validasi materi termasuk kategori sangat valid dengan rerata 4.5, validasi media termasuk kategori valid dengan rerata 4.1 dan validasi bahasa termasuk kategori valid dengan rerata 4.1. Untuk menilai kepraktisan menggunakan tahap one to one dengan rerata 4.2 termasuk kategori sangat praktis dan tahap small group dengan rerata 4.25 termasuk kategori sangat praktis. Pada tahap uji coba media pembelajaran visual berbasis comic life mempunyai efek potensial untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, terbukti dengan tingkat motivasi belajar sebesar 92.4% termasuk dalam kategori motivasi tinggi, karena berdasarkan kriteria interpretasi skor adalah motivasi tinggi (≥62.5%) dan motivasi rendah (≤62.5%). Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran visual berbasis comic life pada mata pelajaran PPKn materi norma dan kebiasaan Sekolah Menengah Pertama dinyatakan valid, praktis dan memiliki efek potensial bagi motivasi belajar siswa.
No copy data
No other version available