Text
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif pada pembelajaran larutan penyangga kelas XI SMA
Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) interaktif telah dilakukan dan diterapkan untuk pembelajaran larutan penyangga di kelas XI MIA SMA Negeri 2Palembang. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) dengan menggunakan model ADDIE terdiri dari lima tahapan, yakni Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan),Implementation (penyampaian produk), Evaluation (evaluasi). Kuailitas produk dievaluasi dengan menggunakan metode evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group evaluation dan field test evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan expert review, angket dan tes. Nilai kevalidan materi sebesar 3,5 dengan kategori valid, nilai kevalidan pedagogik sebesar 3,1 dengan kategori cukup valid dan nilai kevalidan sebesar 3,75 dengan kategori valid, kepraktisan pada tahap one to one diperoleh nilai sebesar 75% dengan kategori praktis dan tahap small group diperoleh nilai sebesar 80,1% dengan kategori praktis dan keefektifan dilihat dari N-gain score sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Hasil penelitian pengembangan LKS interaktif untuk pembelajaran larutan penyangga di kelas XI MIA SMA telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. LKS interaktif dapat digunakan guru sebagai media dalam proses pembelajaran sesuai dengan perkembangan teknologi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
No copy data
No other version available