Text
Pengembangan soal pemecahan masalah matematika materi sistem persamaan linear dua variabel untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Nhà Trang, Vietnam
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal pemecahan masalah matematika materi sistem persamaan linear dua variabel yang valid dan praktis untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini yaitu Design Research tipe Developmental Studies. Subjek penelitian ini sebanyak 33 siswa kelas IX SMP Nhà Trang Vietnam. Prosedur penelitian ini melalui tahapan Preminary Evaluation dan Formative Evaluation. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh 4 soal pemecahan masalah matematika yang valid secara kualitatif menurut validator yaitu valid dari segi isi, konstruk, dan bahasa. Soal dinyatakan valid secara kuantitatif melalui pengujian butir soal menggunakan aplikasi Anates dengan kriteria pengujian
adalah valid jika rhitung > rtabel dan tidak valid jika rhitung ≤ rtabel, rata-rata rhitung dari 4 butir soal tersebut adalah 0,8 dan rtabel adalah 0,576 maka soal valid. Kriteria praktis penelitian dilihat dari hasil pengamatan pada saat small group dan hasil wawancara. Instrumen dianggap praktis karena sebagian besar soal mudah dipakai oleh siswa, sesuai dengan alur pikiran siswa, konteks dan gambar yang digunakan dikenal siswa dan dapat membantu siswa dalam memahami masalah serta tidak menimbulkan penafsiran yang beragam. Perhitungan reliabilitas instrumen penelitian menggunakan aplikasi Anates menunjukkan klasifikasi koefisien reliabitas sebesar 0,96 (memiliki reliabilitas sangat tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3,03% siswa cukup kritis, 24,24% siswa kurang kritis dan 72,72% siswa tidak kritis. Sebagain besar siswa dinyatakan tidak kritis karena pada saat field test siswa tidak mengerjakan soal dengan sungguh-sungguh. Temuan pada saat uji lapangan menunjukan bahwa siswa hanya mau mengerjakan sesuatu di bawah instruksi atau perintah dari pimpiman sekolah atau guru saja, siswa mengerjakan sesuatu jika hal tersebut mempengaruhi nilai, prestasi atau pencapaian mereka di kelas atau sekolah, dan siswa kurang menghargai atau mengapresiasi orang asing yang datang untuk melakukan penelitian.
No copy data
No other version available