Text
Pengembangan bahan ajar modul teks negosiasi berbasis saintifik mata pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMKN 3 Palembang
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan bahan ajar modul. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru dan siswa, pengembangan bahan ajar modul sangat dibutuhkan terkait dengan materi teks negosiasi sebagai bahan ajar pendamping. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini telah melalui proses validasi yang dilakukan oleh ahli pada masing-masing bidang antara lain, ahli kelayakan isi/materi, ahli bahasa, ahli kegrafikaan dan ahli penyajian. Berdasarkan hasil validasi ahli isi/materi, bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan skor 18 dari skor maksimal 20 dan dikategorikan sangat baik, berdasarkan validasi ahli bahasa bahan ajar mendapatkan skor 22 dari skor maksimal 25 dan dikategorikan baik, berdasarkan validasi ahli kegrafikaan bahan ajar mendapatkan skor 18 dari skor maksimal 20 dan dikategorikan sangat baik, dan berdasarkan validasi ahli bahasa bahan ajar mendapatkan skor 20 dari skor maksimal 25 dan dikategorikan baik. Berdasarkan hasil validasi ahli tersebut, maka bahan ajar modul teks negosiasi ini dikategorikan valid. Revisi bahan ajar hasil validasi ahli tersebut kemudian diuji kepraktisannya melalui evaluasi orang per orang (one to one) dan evaluasi kelompok kecil (small group) kepada siswa SMKN 3 Palembang jurusan pemasaran. Berdasarkan hasil wawancara orang per orang (one to one), bahan ajar berbentuk modul teks negosiasi ini mendapatkan respon baik dari hasil wawancara yang dilakukan. Pada evaluasi kelompok kacil (small group), masing-masing skor evaluasi adalah 36, 41, 39, 43, 40, 47, 39, 46, dan 48 sehingga bahan ajar ini dinyatakan praktis.
No copy data
No other version available