The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament berbasis Saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas XI MIA 7 SMA Negeri 19 Palembang

Text

Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament berbasis Saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas XI MIA 7 SMA Negeri 19 Palembang

Sri Pertiwi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penerapan model pembelajaran Team Game Tournament berbasis saintifik ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran siswa kelas XI MIA 7 SMA Negeri 19 Palembang. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap akhir tindakan dilaksanakan pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) sebesar 19% dengan nilai rata-rata hasil belajar 37,7, terjadi peningkatan cukup tinggi pada siklus I (T1) menjadi 46% dengan nilai rata-rata hasil belajar 57,21 dan persentase keaktifan siswa 40,26% karena menerapkan model pembelajaran turnamen permainan kartu bernomor tetapi belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, diperbaiki pada siklus II (T2) dengan ditunjuk langsung anggota kelompok untuk menjawab soal pada saat turnamen permainan, meningkat menjadi 71,5% dengan nilai rata-rata hasil belajar 75,85 dan persentase keaktifan siswa 62,5% tetapi masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, dan diperbaiki pada siklus III (T3) dengan saling menukar anggota kelompok yang kurang mengikuti kegiatan pembelajaran dan ditunjuk langsung untuk menjawab soal saat turnamen permainan, meningkat menjadi 91,2% dengan nilai rata-rata hasil belajar 90,88 dan persentase keaktifan siswa 80% sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Menerapkan model pembelajaran Team Game Tournament berbasis saintifik pada mata pelajaran kimia dapat memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar siswa ditunjukkan dari T3>T2>T1>T0.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan., 2016
Collation
xv, 62 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Penelitian Tindakan Kelas
Model pembelajaran Team Game Tournament
Berbasis saintifik
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search