Text
Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament berbasis Saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas XI MIA 7 SMA Negeri 19 Palembang
Penerapan model pembelajaran Team Game Tournament berbasis saintifik ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran siswa kelas XI MIA 7 SMA Negeri 19 Palembang. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap akhir tindakan dilaksanakan pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) sebesar 19% dengan nilai rata-rata hasil belajar 37,7, terjadi peningkatan cukup tinggi pada siklus I (T1) menjadi 46% dengan nilai rata-rata hasil belajar 57,21 dan persentase keaktifan siswa 40,26% karena menerapkan model pembelajaran turnamen permainan kartu bernomor tetapi belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, diperbaiki pada siklus II (T2) dengan ditunjuk langsung anggota kelompok untuk menjawab soal pada saat turnamen permainan, meningkat menjadi 71,5% dengan nilai rata-rata hasil belajar 75,85 dan persentase keaktifan siswa 62,5% tetapi masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, dan diperbaiki pada siklus III (T3) dengan saling menukar anggota kelompok yang kurang mengikuti kegiatan pembelajaran dan ditunjuk langsung untuk menjawab soal saat turnamen permainan, meningkat menjadi 91,2% dengan nilai rata-rata hasil belajar 90,88 dan persentase keaktifan siswa 80% sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Menerapkan model pembelajaran Team Game Tournament berbasis saintifik pada mata pelajaran kimia dapat memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar siswa ditunjukkan dari T3>T2>T1>T0.
No copy data
No other version available