The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya (peer tutoring) untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa di kelas XI IPA SMA Srijaya Negara Palembang

Text

Penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya (peer tutoring) untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa di kelas XI IPA SMA Srijaya Negara Palembang

Syelli Ayu Friani - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia
siswa Kelas XI IPA 2 Srijaya Negara Palembang melalui model pembelajaran
Tutor Sebaya (Peer tutoring). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus
terdiri dari dua kali pertemuan. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar
observasi dan instrument tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan setiap akhir
pertemuan. Berdasarkan penelitian diperoleh peningkatan keaktifan siswa sebesar
55,15 % pada siklus I (T1) menjadi 61,55 % pada siklus II (T2), dan pada siklus III
(T3) meningkat sebesar 65,75 % dengan kategori aktif. Nilai rata-rata hasil belajar
siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) sebesar 47,40 dengan ketuntasan belajar
31%, terjadi peningkatan pada siklus I (T1) menjadi 68,9 dengan ketuntasan
belajar 60% kemudian meningkat menjadi 69,4 dengan ketuntasan belajar
menurun menjadi 51% pada siklus II (T2) dan pada siklus III (T3) meningkat
menjadi 86,7 dengan ketuntasan belajar 86 %. Hasil penelitian menunjukkan
terjadinya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
kimia, sehingga disarankan bagi guru agar dapat menerapkan model pembelajaran
Tutor Sebaya (Peer Tutoring) sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan
hasil belajar siswa serta disarankan kepada peneliti lain agar dapat dijadikan acuan
dalam melakukan penelitian yang relavan.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.390 7 Sye p 2016
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2016
Collation
xiii, 51 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.390 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
metode pengajaran
Model Tutor Sebaya (Peer Tutoring),
Hasil Belajar Kimia Siswa.
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search