Text
Penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya (peer tutoring) untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa di kelas XI IPA SMA Srijaya Negara Palembang
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia
siswa Kelas XI IPA 2 Srijaya Negara Palembang melalui model pembelajaran
Tutor Sebaya (Peer tutoring). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus
terdiri dari dua kali pertemuan. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar
observasi dan instrument tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan setiap akhir
pertemuan. Berdasarkan penelitian diperoleh peningkatan keaktifan siswa sebesar
55,15 % pada siklus I (T1) menjadi 61,55 % pada siklus II (T2), dan pada siklus III
(T3) meningkat sebesar 65,75 % dengan kategori aktif. Nilai rata-rata hasil belajar
siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) sebesar 47,40 dengan ketuntasan belajar
31%, terjadi peningkatan pada siklus I (T1) menjadi 68,9 dengan ketuntasan
belajar 60% kemudian meningkat menjadi 69,4 dengan ketuntasan belajar
menurun menjadi 51% pada siklus II (T2) dan pada siklus III (T3) meningkat
menjadi 86,7 dengan ketuntasan belajar 86 %. Hasil penelitian menunjukkan
terjadinya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
kimia, sehingga disarankan bagi guru agar dapat menerapkan model pembelajaran
Tutor Sebaya (Peer Tutoring) sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan
hasil belajar siswa serta disarankan kepada peneliti lain agar dapat dijadikan acuan
dalam melakukan penelitian yang relavan.
No copy data
No other version available