Text
Pengaruh penerapan model discovery learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran biologi materi energi dalam sistem kehidupan kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery learning terhadap Keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran biologi materi energi dalam sistem kehidupan kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre- Experimental Design dengan bentuk desain One-Group Pretest-Postest. Pemilihan sampel digunakan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah peserta didik 30 orang di kelas VII-1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes keterampilan proses sains dan lembar observasi kinerja KPS. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 95% diperoleh thitung≥ttabel, yakni 14,91≥2,045 maka hipotesis H0 ditolak. Aspek KPS tertinggi dari hasil tes tertulis adalah interpretasi. Aspek KPS tertinggi hasil observasi kinerja KPS adalah mengajukan pertanyaan. Aspek terendah hasil kps tertulis dan observasi kinerja KPS adalah Berhipotesis. Uji statistik menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery learning berpengaruh signifikan terhadap Keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran biologi materi energi dalam sistem kehidupan kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya.
No copy data
No other version available