Text
Pengaruh strategi pembelajaran merotasi pertukaran pendapat kelompok tiga orang terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 14 Palembang
strategi pembelajaran merotasi pertukaran pendapat kelompok tiga orang dengan strategi pembelajaran pertukaran antar kelompok terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 14 Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi pembelajaran merotasi pertukaran pendapat kelompok tiga orang dengan strategi pembelajaran pertukaran antar kelompok terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 14 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Palembang tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah populasi 255 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga terpilih kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai motivasi belajar peserta didik, sedangkan observasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai pelaksanaan strategi pembelajaran dan mengumpulkan data mengenai motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis berupa uji-t. Setelah dilakukan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh strategi pembelajaran merotasi pertukaran pendapat kelompok tiga orang dengan strategi pembelajaran pertukaran antar kelompok terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 14 Palembang. Dari penelitian ini, disarankan bagi guru agar menjadikan strategi pembelajaran merotasi pertukaran pendapat kelompok tiga orang sebagai alternatif dalam penggunaan strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi.
No copy data
No other version available