Text
Upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui model think pair and share siswa kelas V SD Negeri 11 Tanjung Lago
Judul penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Think Pair and Share Siswa Kelas V SDN 11 Tanjung Lago. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan subyek siswa kelas V SD Negeri 11 Tanjung Lago tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 24 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi . Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini dapat dicapai apabila siswa mendapat nilai hasil belajar KKM ≥ 65 dan ketuntasan klasikal 80 %. Berdasarkan hasil evaluasi pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 70,80 %, sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 87,50 %. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini, dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru kelas pada umumnya menggunakan model pembelajaran ini sebagai variasi dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswanya.
No copy data
No other version available