The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh penerapan strategi pembelajaran pq4r (preview, qustion, read, reflect, recite, review) terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 15 Palembang

Text

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran pq4r (preview, qustion, read, reflect, recite, review) terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 15 Palembang

Mimi Putri - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R terhadap aktivitas dan hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Negeri 15 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental dengan design one group pretest-posttest. Pengambilan data dilakukan 35 orang pada siswa kelas X.8 SMA Negeri 15 Palembang. Materi pelajaran biologi pada penelitian ini adalah KD 3.2 dan KD 3.3. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa selama empat pertemuan berturut-turut yaitu 74,60, 80,95, 81,12 dan 81,26. Data hasil belajar siswa merupakan selisih nilai postes dan pretes, rata-rata N-gain dalam empat pertemuan yaitu 0,46, 0,43, 0,56 dan 0,65 serta nilai rata-rata indeks N-gain sebesar 0,53 yang dikategorikan sedang, sedangkan dilihat dari observasi terhadap aktivitas siswa selama penerapan strategi PQ4R diperoleh hasil, yaitu 2,15% siswa dikategorikan kurang aktif, 17,15% siswa dikategorikan aktif dan 80,72% siswa dikategorikan sangat aktif. Ketuntasan belajar siswa pada pertemuan I, II, III dan IV berturut-turut yaitu 85,71%, 88,57%, 100% dan 100% sehingga rata-rata ketuntasan belajar sebesar 93,57%, yang artinya siswa sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil uji normalitas nilai pretes dan postes terdistribusi normal pada rentang -1 ttabel, yaitu 10,95 > 1,80 dengan demikian Ha diterima. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi PQ4R (Preview, Qustion, Read, Reflect, Recite, Review) berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2012
Collation
xv, 34 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil Belajar Siswa
Strategi Pembelajaran PQ4R
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search