Text
Pengaruh penerapan strategi pembelajaran pq4r (preview, qustion, read, reflect, recite, review) terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 15 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R terhadap aktivitas dan hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Negeri 15 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental dengan design one group pretest-posttest. Pengambilan data dilakukan 35 orang pada siswa kelas X.8 SMA Negeri 15 Palembang. Materi pelajaran biologi pada penelitian ini adalah KD 3.2 dan KD 3.3. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa selama empat pertemuan berturut-turut yaitu 74,60, 80,95, 81,12 dan 81,26. Data hasil belajar siswa merupakan selisih nilai postes dan pretes, rata-rata N-gain dalam empat pertemuan yaitu 0,46, 0,43, 0,56 dan 0,65 serta nilai rata-rata indeks N-gain sebesar 0,53 yang dikategorikan sedang, sedangkan dilihat dari observasi terhadap aktivitas siswa selama penerapan strategi PQ4R diperoleh hasil, yaitu 2,15% siswa dikategorikan kurang aktif, 17,15% siswa dikategorikan aktif dan 80,72% siswa dikategorikan sangat aktif. Ketuntasan belajar siswa pada pertemuan I, II, III dan IV berturut-turut yaitu 85,71%, 88,57%, 100% dan 100% sehingga rata-rata ketuntasan belajar sebesar 93,57%, yang artinya siswa sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil uji normalitas nilai pretes dan postes terdistribusi normal pada rentang -1 ttabel, yaitu 10,95 > 1,80 dengan demikian Ha diterima. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi PQ4R (Preview, Qustion, Read, Reflect, Recite, Review) berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available