Text
Penerapan social customer relationship managment (CRM 2,0) pada pengmebangan sistem pelayanan pelanggan di PT.Altrak 1978 Palemabang berbasis web
PT. Altrak 1978 Palembang sebagai sebuah perusahaan dagang swasta nasional
yang memberikan pelayanan kepada pelanggan, membutuhkan strategi bisnis
yang menggunakan teknologi untuk mengelola dan menyesuaikan proses bisnis
yang ada agar mempermudah komunikasi kepada pelanggan dan meningkatkan
pelayanan. Perusahaan perlu memiliki media yang dapat digunakan untuk
menjalin hubungan yang erat dengan pelanggannya dalam menghadapi persaingan
pasar, seperti halnya dalam memberikan informasi terbaru yang cepat dan mudah
kepada pelanggan. Sehubungan dengan hal ini, sebuah penerapan Social
Customer Relationship Management (CRM 2.0) diperlukan sebagai upaya
peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
sistem pelayanan pelanggan pada PT. Altrak 1978 Palembang, dan menerapkan
CRM 2.0 sebagai penunjang strategi bisnis pada Sistem Informasi Pelayanan
Pelanggan. Dalam rangka untuk mencapai tujuan ini, peneliti menggunakan
metodologi proses pengembangan sistem FAST (Framework for the Aplication of
System Thinking). Penelitian ini menawarkan model sistem informasi yang
terintegrasi ke dalam perangkat lunak pendukung yang dapat digunakan untuk
menciptakan pelayanan pelanggan yang cepat, relevan dan berkesinambungan
kepada pelanggan. Sistem yang dibangun adalah sistem informasi berbasis web
dan pembuatannya menggunakan beberapa perangkat lunak seperti Dreamwaver,
MySQL dan Appserv. Penerapan CRM 2.0 ini dapat membantu pihak perusahaan
dalam memberikan informasi-informasi terbaru kepada pelanggan, mengetahui
kebutuhan pelanggan dan sebagai alternatif peningkatan kualitas pelayanan dari
pelayanan pelanggan.
No copy data
No other version available