Text
Pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar ipa biologi siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA Biologi di kelas VIII SMP Negeri 9 Palembang setelah penggunaan media video. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Eksperimen Design dengan desain One group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Hasil belajar siswa dilihat dari pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata pretest, posttest, dan rata-rata gain untuk materi KD.1.1 dan KD. 1.2 yaitu 43,93 ; 85,29 dan 41,36 serta nilai indeks gain sebesar 0,72 yang dikategorikan tinggi. Kategori hasil belajar siswa terdiri dari lima kategori, pada nilai pretest sebanyak 46,43% siswa dalam kategori cukup, 21,43% dalam kategori kurang dan 32,14% dalam kategori gagal. Kategori hasil belajar dari nilai posttest 89,29% siswa dalam kategori sangat baik dan 10,71% berada dalam kategori baik. Ketuntasan belajar siswa untuk SK.1 dari nilai posttest yaitu 85,71%, yang berarti siswa sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang telah ditentukan oleh SMP Negeri 9 Palembang yaitu 81. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa penggunaan media video berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available