Text
Penyelesaian permainan sudoku dengan menggunakan algoritma genetika
PermainanSudoku merupakan suatu permainan puzzle yang bertujuan menyusun angka-angka dengan aturan dalam satu baris, satu kolom, dan satu region tidak ada angka yang berulang. Penyelesaian permainan ini menggunakanalgoritma genetika, algoritma ini merepresentasikan jawaban menjadi kromosom atau individu dengan struktur tertentu. Kromosom yang terkumpul dalam populasi mengalami berbagai proses, mulai dari seleksi, pindah silang, mutasi, hingga pergantian generasi. Kromosom yang lolos diharapkan adalah yang terbaik, yang merupakan solusi permainan. Tugas akhir ini merancang perangkat lunak penyelesaian permainan Sudoku dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Sudoku yang digunakan berukuran 9x9, angka-angka yang dimasukkan adalah angka 1 sampai dengan 9 dan terdiri dari 3 level yaitu Easy, Medium dan Hard. Berdasarkan aturan program tersebut maka didapatkan solusi valid yang berbeda persentasenya untuk tiap levelnya. Persentase keberhasilan secara keseluruhan yang dihasilkan sebesar 75%.
No copy data
No other version available