Text
Penerapan model pembelajaran team quiz untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Karya Ibu Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa
dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz di kelas X SMA Karya Ibu
Palembang. Metode penelitian adalah tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga
siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data
menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Keaktifan siswa meningkat ratarata dari siklus I 58,34 % menjadi 65,69 % pada siklus II dan 77,84 % pada siklus III.
Pada persentase ketuntasan siswa meningkat dari 24,14 % sebelum tindakan (T0)
menjadi 60,71 % pada siklus I (T1) kemudian 72,41 % untuk siklus II (T2) dan 85,18
% pada siklus III (T3), demikian juga dengan nilai hasil belajar siswa dari 56,89
sebelum dilakukan tindakan (T0) menjadi 56,96 pada siklus I (T1) kemudian 77,24
untuk siklus II (T2) dan 82,96 pada siklus III (T3). Hasil penelitian menunjukkan
terjadinya peningkatan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan
model pembelajaran Team Quiz.
No copy data
No other version available