Text
Pengaruh pemberian tes sisipan ( embedded test ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 45 Palembang
Skripsi ini berjudul “pengaruh pemberian tes sisipan (embedded test) terhadap hasil belajar siswa pada
matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 45 Palembang”. Yang menjadi
permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pemberian tes sisipan (embedded test)
terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 45
Palembang. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa SMP Negeri 45 Palembang. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling
yaitu bahwa kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Adapun
teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik tes, sedangkan teknik
analisis data dengan menggunakan uji-t. Dari analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan pemberian tes sisipan (embedded test ) terhadap hasil belajar siswa
pada matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 45 Palembang. Hal tersebut terbukti
dari nilai rata-rata untuk kelas eksperimen yaitu 84,80 lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata
kelas kontrol yaitu 69,5. Secara statistik melalui analisis uji-t diperoleh thitung =13,9>ttabel =1,994,
dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan
pemberian tes sisipan (embedded test ) terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di SMP Negeri 45 Palembang dengan taraf signifikan sebesar 5%
No copy data
No other version available