Text
Peran orang tua dalam mengarahkan profesi yang diminati anak setelah tamat sekolah lanjutan tingkat atas (slta) tahun 2011-2012 di kelurahan 5 ulu kota Palembang
Fokus penelitian ini adalah “Peran Orang Tua Dalam Mengarahkan Profesi
Yang Diminati Anak Setelah Tamat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)
Tahun 2011-2012 di Kelurahan 5 Ulu Kota Palembang”. Permasalahan yang
diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua dalam
mengarahkan profesi yang diminati anak setelah tamat sekolah lanjutan tingkat
atas (SLTA) di Kelurahan 5 Ulu Kota Palembang dan apa yang melatarbelakangi
orang tua mengarahkan profesi yang diminati anak setelah tamat sekolah lanjutan
tingkat atas (SLTA) di Kelurahan 5 Ulu Kota Palembang. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan unit analisisnya adalah orang tua
di Kelurahan 5 Ulu Kota Palembang. Pengumpulan data diperoleh melalui
observasi secara langsung, wawancara mendalam pada sepuluh orang informan
penelitian, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif yang terdiri dari tiga
alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
diketahui orang tua dalam mengarahkan profesi yang diminati anak setelah tamat
sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) Tahun di Kelurahan 5 Ulu Kota Palembang
sudah menjalankan perannya dengan pola perilaku, seperti: anak diarahkan
langsung kuliah tanpa sambil bekerja, anak diarahkan kuliah sambil bekerja, serta
anak diarahkan untuk bekerja setelah tamat SLTA. Kemudian harapan anak
setelah tamat tamat sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA), meliputi melanjutkan
pendidikan ke perguruan tinggi dan mengambil pertimbangan untuk bekerja lebih
awal. Latar belakang orang tua mengarahkan profesi yang diminati anak setelah
tamat sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA), yaitu semakin kompetitifnya
persaingan anak untuk memperoleh pekerjaan yang layak (sektor formal), kondisi
sosial masyarakat yang belum menjadikan pendidikan sebagai aspek untuk
menduduki kelas sosial tertentu, minimnya pendidikan orang tua, profesi orang
tua yang tidak mengharuskan penguasaan keahlian khusus/pendidikan formal
(pekerjaan sektor non formal), minimnya kesadaran orang tua untuk
meningkatkan pendidikan anak.
No copy data
No other version available