The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh penerapan model tim pengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) di SMP Negeri 1 Inderalaya Selatan

Text

Pengaruh penerapan model tim pengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) di SMP Negeri 1 Inderalaya Selatan

Utari Monalisa - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model Tim Pengajar Terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1
Indralaya Selatan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan
pengaruh penerapan model tim pengajar dan guru tunggal terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan?.
Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak
adanya perbedaan pengaruh penerapan model tim pengajar dan guru tunggal pada
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan. Dalam
penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1
Indralaya Selatan tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 180 siswa dan terdiri dari
5 kelas. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, dipilih dua kelas
sebagai sampel penelitian yang terdiri dari kelas VII. 1 sebagai kelas eksperimen
sebanyak 36 siswa dan kelas VII. 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Teknik
pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi dan tes. Hasil observasi
menunjukan penerapan tim pengajar telah terlaksana dengan sangat baik dengan skor
rerata 88,333%. Statistik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu
menggunakan uji-t dengan taraf signifikan (α = 0,5). Berdasarkan analisis data yang
dilakukan, hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai  = 4,758 sedangkan  =
1,711. Dengan demikian  = 4,758 ≥  = 1,711, dengan demikian pada
penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak yaitu ada perbedaan pengaruh penerapan
model tim pengajar dan guru tunggal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Uta p 2012
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2012
Collation
Maaf daftar isi tidak tersedia
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Tim Pengajar, Guru Tunggal, Hasil Belajar.
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search