Text
Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio pada pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 40 Palembang
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana model pembelajaran inkuiri terbimbing
berbasis asesmen portofolio pada pembelajaran matematika di kelas VII
SMP Negeri 40 Palembang dan mengetahui hasil belajar siswa pada
penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen
portofolio. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP
Negeri 40 Palembang yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah, observasi, data dokumentasi portofolio dan
tes. Observasi dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung untuk
mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri
terbimbing berbasis asesmen portofolio. Observasi ini juga dibantu oleh
beberapa observer dan dilakukan sebanyak empat kali pertemuan.
Portofolio dikumpulkan siswa selama masa penelitian. Sedangkan tes
diberikan pada pertemuan kelima. Dari hasil data observasi, data
dokumentasi portofolio dan tes, didapatlah data mngenai kegiatan siswa
dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran ikuiri terbimbing berbasis
asesmen portofolio di kelas VII SMP Negeri 40 Palembang terlaksana
dengan persentase kegiatan siswa 76,9 % dan rata-rata nilai hasil belajar
siswa adalah 84,1.
No copy data
No other version available