Text
Pengaruh penerapan pengintegrasian pendidikan lingkungan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial terhadap sikap siswa di SMP Negeri 1 Inderalaya
Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan
Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terhadap Sikap Siswa di SMP Negeri
1 Inderalaya. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah ada
pengaruh penerapan pengintegrasian pendidikan lingkungan pada mata pelajaran ilmu
pengetahuan sosial terhadap sikap siswa mengenai masalah lingkungan hidup di SMP
Negeri 1 Inderalaya. Dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
penerapan pengintegrasian pendidikan lingkungan pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial terhadap sikap siswa mengenai masalah lingkungan hidup di
SMP Negeri 1 Inderalaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMP Negeri 1 Inderalaya dengan jumlah 6 kelas. Sampel diambil dengan
menggunakan teknik purposive sampling, yang artinya sampel diambil karena adanya
tujuan tertentu dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII.1
dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Tekhnik pengumpulan data menggunakan
tes sikap model skala Likert. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment. Berdasarkan analisa data
yang dilakukan maka diperoleh harga r hitung sebesar 0,637 sedangkan untuk n=31
dengan taraf kesalahan 5%, maka diperoleh harga r tabel sebesar 0,355. Ternyata
harga r hitung lebih besar dari r tabel (0,637 > 0,355). Dengan demikian hipotesis
yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada pengaruh
penerapan pengintegrasian pendidikan lingkungan pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial terhadap sikap siswa mengenai masalah lingkungan hidup di
SMP Negeri 1 Inderalaya.
No copy data
No other version available