The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh penerapan pengintegrasian pendidikan lingkungan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial terhadap sikap siswa di SMP Negeri 1 Inderalaya

Text

Pengaruh penerapan pengintegrasian pendidikan lingkungan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial terhadap sikap siswa di SMP Negeri 1 Inderalaya

Nurlena Anjarsari - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan
Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terhadap Sikap Siswa di SMP Negeri
1 Inderalaya. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah ada
pengaruh penerapan pengintegrasian pendidikan lingkungan pada mata pelajaran ilmu
pengetahuan sosial terhadap sikap siswa mengenai masalah lingkungan hidup di SMP
Negeri 1 Inderalaya. Dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
penerapan pengintegrasian pendidikan lingkungan pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial terhadap sikap siswa mengenai masalah lingkungan hidup di
SMP Negeri 1 Inderalaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMP Negeri 1 Inderalaya dengan jumlah 6 kelas. Sampel diambil dengan
menggunakan teknik purposive sampling, yang artinya sampel diambil karena adanya
tujuan tertentu dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII.1
dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Tekhnik pengumpulan data menggunakan
tes sikap model skala Likert. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment. Berdasarkan analisa data
yang dilakukan maka diperoleh harga r hitung sebesar 0,637 sedangkan untuk n=31
dengan taraf kesalahan 5%, maka diperoleh harga r tabel sebesar 0,355. Ternyata
harga r hitung lebih besar dari r tabel (0,637 > 0,355). Dengan demikian hipotesis
yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada pengaruh
penerapan pengintegrasian pendidikan lingkungan pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial terhadap sikap siswa mengenai masalah lingkungan hidup di
SMP Negeri 1 Inderalaya.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Nur p 2012
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2012
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pengintegrasian, pendidikan lingkungan, sikap sisw
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search