Text
Upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 24 Palembang melalui model bermain peran
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Palembang melalui model “bermain peran”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V.B SD Negeri 24 Palembang yang berjumlah 25 orang siswa terdiri atas 11 orang laki–laki dan 14 orang perempuan. Prosedur penelitian dilaksanakan secara bertahap yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Hasil penelitian nilai tes berbicara siswa pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM berjumlah 16 siswa atau sebesar 68%. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 19 siswa atau sebesar 76% dan pada siklus III terdapat 24 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model “bermain peran” dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 24 Palembang yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar dengan tercapainya indikator keberhasilan penelitian sesuai dengan KKM SD Negeri 24 Palembang yaitu 65.
No copy data
No other version available