Text
Pengaruh pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Inderalaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhpendekatan keterampilan proses
sains terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Inderalaya. Penelitian
ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 di SMP Negeri 1
Inderalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi
experimentdengan rancanganpretest-posttest control group design. Sampel penelitian
terdiri dari dua kelas, yaitukelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2
sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan yaitu dengan
menerapkan pendekatan keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA
sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran IPA dilaksanakan dengan
menerapkanpembelajaran langsung (direct instruction). Adapun instrumen penelitian
yang digunakan adalah tes tertulisberupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal.
Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest danposttestbahwa data
tersebutterdistribusi normal bersifat homogen. Oleh karena ituhipotesis penelitian
diuji menggunakan uji . Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji diperoleh
= 4,06 sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh
= 1,67sehingga
terlihat bahwa >
. Oleh karena itu, ditolak dan diterima. Dengan
demikiandapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses sains
berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Inderalaya.
No copy data
No other version available