Text
Meningkatkan penerimaan diri siswa yang terisolir melalui konseling logo pada siswa “X” kelas VIII.a di MTS Negeri 1 Palembang
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penerimaan diri siswa “X” yang terisolir
melalui konseling logo di kelas VIII.A di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang.
Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Bimbingan dan Konseling (PTBK), dianalisis secara deskriptif kualitatif. Pengumpulan data
menggunakan lembar sosiometri dan observasi. Hasil penelitian tindakan ini, menunjukkan
bahwa konseling logo dapat meningkatkan penerimaan diri siswa “X” yang terisolir.
Berdasarkan hasil wawancara, sebelum dilakukan tindakan konseling logo, penerimaan diri
siswa “X” yang terisolir adalah anak yang pendiam dan tidak memiliki teman
dikelasnya,dikarenakan “X” ditinggalkan oleh Ayahnya 5 tahun yang lalu membuat “X”
merasa kehilangan perhatian dan berperilaku seperti itu. Namun setelah dilakukan tindakan
konseling logo pada siklus pertama penerimaan diri siswa “X” yang terisolir hanya sedikit
perubahannya, kemudian setelah dilaksanakan siklus kedua perubahan yang terjadi pada
siswa “X” sangat meningkat, siswa “X” mulai dapat menerima keadaan yang dialaminya,
mau mempunyai banyak teman, dan bermain bersama teman-temannya. Dengan demikian,
kegiatan konseling logo dapat digunakan untuk meningkatkan penerimaan diri siswa yang
terisolir pada siswa “X”.
No copy data
No other version available