Text
Penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas XI SMA Negeri 14 Palembang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran kimia dengan menerapkan model pembelajaran
Cooperative Tipe Numbered Heads Together di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 14
Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas, dilakukan dalam tiga siklus, pada siklus I terdiri dua kali pertemuan, siklus II
terdiri dari satu kali pertemuan, dan siklus III terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik
pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Lembar
observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan siswa dan tes digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa. Rata-rata keaktifan siswa dalam kelompok pada
siklus I 47,60 %, pada siklus II 67,12 % dan pada siklus III 73,41 %. Rata-rata nilai
hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) yaitu 59,83 (40,48%), rata-rata
tes siklus I (T1) adalah 68,26 (54,76%), nilai rata-rata pada siklus II (T2) adalah 74,40
(69,04%) dan nilai rata-rata pada siklus III (T3) adalah 80,71 ( 85,70%). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapkan model pembelajaran Cooperative Tipe
Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia
siswa. Guru disekolah sebaiknya dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas
dapat menerapkan model pembelajaran cooperative tipe Numbered Heads Together
(NHT) sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
siswa
No copy data
No other version available