Text
Peningkatan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair-square di SMA Negeri 11 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran kimia dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif
tipe think pair-square di kelas XI IPA2 SMA Negeri 11 Palembang. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam
tiga siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan, siklus II juga terdiri dari dua
pertemuan begitu pula dengan siklus III yang juga terdiri dari dua pertemuan. Teknik
pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dan tes untuk
mengetahui hasil belajar siswa. Rata-rata keaktifan siswa dalam kelompok pada
siklus I 40,98% pada siklus II 56,68% dan pada siklus III 66,69%. Rata-rata nilai
hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) yaitu 37,21%, rata-rata tes siklus
I (T1) adalah 53,48%, nilai rata-rata pada siklus II (T2) adalah 72,09%, dan nilai ratarata pada siklus III (T3) adalah 86,04%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair-square ini dapat
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa.
No copy data
No other version available