The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh penerapan media pembelajaran papan flanel terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Inderalaya

Text

Pengaruh penerapan media pembelajaran papan flanel terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Inderalaya

WALIAH - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

lajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Inderalaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan
media pembelajaran papan flanel dengan media pembelajaran chart terhadap hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Inderalaya. Desain
penelitian ini menggunakan true experimental design dengan bentuk postes-only
control design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua peserta
didik kelas VII SMP Negeri 1 Inderalaya yang terdiri dari 6 kelas. Dengan
menggunakan teknik Simple Random Sampling, dipilih dua kelas sebagai sampel
penelitian yang terdiri dari kelas VII6 sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 peserta
didik dan kelas VII5 sebagai kelas kontrol sebanyak 31 peserta didik. Teknik
pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes. Statistik yang digunakan
untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistik parametris melalui uji-t.
Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan perhitungan dengan menggunakan rumus
korelasi Product Moment dan diperoleh r hitung sebesar 0,359 sedangkan untuk
dk=60, dengan taraf signifikan 5%, maka harga r tabel sebesar 0,254. Hasil uji
signifikansi pengaruh menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,070 sedangkan ttabel
sebesar 2,000. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar
9,285 sedangkan ttabel sebesar 2,000. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa terdapat perbedaan pengaruh
penerapan media pembelajaran papan flanel dengan media pembelajaran chart
terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Inderalaya, perbedaannya dapat
dilihat pada perbandingan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan
nilai rerata kelas sebesar 83,22 berbeda pada kelas kontrol dengan nilai rerata sebesar
71,48. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menggunakan media
pembelajaran papan flanel sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Wal p 2012
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2012
Collation
xi, 60 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Media Pembelajaran Papan Flanel, Media Pembelajara
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search