Text
Pengaruh penerapan media pembelajaran papan flanel terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Inderalaya
lajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Inderalaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan
media pembelajaran papan flanel dengan media pembelajaran chart terhadap hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Inderalaya. Desain
penelitian ini menggunakan true experimental design dengan bentuk postes-only
control design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua peserta
didik kelas VII SMP Negeri 1 Inderalaya yang terdiri dari 6 kelas. Dengan
menggunakan teknik Simple Random Sampling, dipilih dua kelas sebagai sampel
penelitian yang terdiri dari kelas VII6 sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 peserta
didik dan kelas VII5 sebagai kelas kontrol sebanyak 31 peserta didik. Teknik
pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes. Statistik yang digunakan
untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistik parametris melalui uji-t.
Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan perhitungan dengan menggunakan rumus
korelasi Product Moment dan diperoleh r hitung sebesar 0,359 sedangkan untuk
dk=60, dengan taraf signifikan 5%, maka harga r tabel sebesar 0,254. Hasil uji
signifikansi pengaruh menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,070 sedangkan ttabel
sebesar 2,000. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar
9,285 sedangkan ttabel sebesar 2,000. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa terdapat perbedaan pengaruh
penerapan media pembelajaran papan flanel dengan media pembelajaran chart
terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Inderalaya, perbedaannya dapat
dilihat pada perbandingan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan
nilai rerata kelas sebesar 83,22 berbeda pada kelas kontrol dengan nilai rerata sebesar
71,48. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menggunakan media
pembelajaran papan flanel sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik
No copy data
No other version available