Text
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) divariasi dengan metode guided note taking terhadap capaian hasil belajar pada pelajaran biologi siswa SMA Srijaya Negara Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) divariasi dengan metode Guided Note Taking (GNT) terhadap capaian hasil belajar pada pelajaran biologi siswa SMA Srijaya Negara Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA yang berjumlah 118 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA +1 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah Quasi experimental design (eksperimen semu) dengan desain penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Data yang diambil berupa capaian hasil belajar dan aktivitas siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji t. hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Eksperimen pada materi KD 3.7 untuk pretest sebesar 29,26 dan posttest 78,64, sedangkan pada kelas kontrol untuk pretest sebesar 29,82 dan posttest 74,90. Persentase Capaian tingkat kognitif paling tinggi kelas eksperimen pada tingkat kognitif C4 (menganalisis) sebesar 88,46% dan tingkatan kognitif yang meningkat paling tinggi C4 (67,31%) sedangkan pada kelas kontrol tingkat kognitif paling tinggi yaitu C1 (menghapal) sebesar 82,94% dan tingkatan kognitif yang meningkat paling tinggi C3 (50,99%). Nilai persentase aktivitas siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam kategori sangat aktif.
No copy data
No other version available