Text
Implementasi algoritma greedy dan metode branch and bound dalam persoalan knapsack 0-1 di ud. Subur tani makmur
Persoalan knapsack merupakan permasalahan mengenai optimasi yang berguna
dalam proses pemilihan barang dengan pembatasan kuota maksimum yang dapat
ditampung dalam sebuah knapsack. Pemilihan barang berdasarkan pada kombinasi
barang yang akan menghasilkan keuntungan maksimum dan masih memenuhi
batasan kuota. Salah satu perusahaan seperti UD. Subur Tani Makmur, selalu
berusaha untuk menentukan pemilihan barang yang tepat untuk memenuhi kebutuhan
konsumen dengan harapan mendapatkan keuntungan yang maksimum. Dalam
penelitian ini digunakan algoritma Greedy dan metode Branch and Bound.
Keuntungan yang didapat dengan menggunakan algoritma Greedy by Weight yaitu
sebesar Rp 86,2465 juta dengan total berat barang yang diangkut adalah 5.881 kg.
Berdasarkan algoritma Greedy by Profit keuntungan yang didapat yaitu sebesar Rp
116,35 juta dengan total berat barang yang diangkut adalah 5.725 kg. Sedangkan
dengan menggunakan algoritma Greedy by Density keuntungan yang didapat yaitu
sebesar Rp 118,0875 juta dengan total berat barang yang diangkut adalah 5.975 kg.
Berdasarkan metode Branch and Bound keuntungan yang didapat sebesar Rp
118,0965 juta dengan total berat barang yang diangkut adalah 5.981 kg. Jadi, dengan
membandingkan kedua metode maka keuntungan maksimum diperoleh dari hasil
metode Branch and Bound
No copy data
No other version available