The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe penilaian secara cepat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Tungkal Jaya

Text

Pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe penilaian secara cepat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Tungkal Jaya

DARMAWAN SUSANTO - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran
aktif tipe penilaian secara cepat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP
Negeri 2 Tungkal Jaya”. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimental design
dengan bentuk One Group Pretest – Postest Design. Populasi penelitian adalah seluruh
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tungkal Jaya yang terdiri dari 4 kelas semester genap tahun
ajaran 2012/2013 yang berjumlah 135 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik
Cluster Random Sampling dan didapatlah kelas VIII 2 Sebagai kelas sampel dengan jumlah
siswa 35 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan Tes dan Observasi.
Statistik yang digunakan untuk mengalisis data yaitu menggunakan uji­t dengan taraf
signifikan (α = 0,05). Berdasarkan analisis data tes yang dilakukan, hasil uji t menunjukkan
bahwa nilai thitung = 7,3288sedangkan tinterpolasil = 1,6918, sehingga pada penelitian ini Ha
diterima dan Ho ditolak yaitu ada pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe penilaian secara
cepat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Tungkal Jaya.
Pengaruh tersebut dapat terlihat dari nilai r hasil dari Korelasi Pearson Product Moment, r =
0,8045 sehingga dapat diintepretasikan bahwa ada korelasi yang sangat kuat antara strategi
pembelajaran aktif tipe penilaian secara cepat terhadap hasil belajar siswa. Selain itu
pengaruh dapat dilihat dari rerata hasil belajar siswa dari data pretest dan posttest, dari hasil
pretest didapat rerata nilai peserta didik sebesar 58,28, sedangkan pada posttest meningkat
menjadi 82,7. Berdasarkan hasil analisis data observasi pada kelas sampel yaitu 96%
sehingga dapat diinterpretasikan aktifitas pembelajaran yang dilakukan peneliti
sangat baik. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menerapkan strategi pembelajaran
aktif tipe penilaian secara cepat yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Dar p 2013
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Collation
ix, 51 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search