Text
Implementasi model CRM (Customer Relationship Management) pada sistem informasi pelayanan masyarakat Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang berbasis web
Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang sebagai sebuah intitusi penyelenggara pelayanan kesehatan, memerlukan pengelolaan pelayanan rumah sakit yang dilakukan dengan pola manajemen yang baik. Rumah sakit perlu membangun hubungan yang kuat antara perusahaan dengan pelanggannya, seperti halnya penyediaan informasi yang cepat dan mudah diakses oleh masyarakat. Sehubungan dengan hal ini, sebuah implementasi model Customer Relationship Management (CRM) diperlukan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pelayanan masyarakat pada Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang, dan menerapkan model CRM sebagai penunjang strategi bisnis pada Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat. Dalam rangka untuk mencapai tujuan ini, peneliti menggunakan metodologi proses pengembangan sistem yang bernama FAST (Framework for the Aplication of System Thinking). Penelitian ini menawarkan model sistem informasi yang terintegrasi ke dalam perangkat lunak pendukung yang dapat digunakan untuk menciptakan pelayanan masyarakat yang cepat, relevan dan berkesinambungan kepada masyarakat. Sistem yang dibangun adalah sistem informasi berbasis web dan pembuatannya menggunakan beberapa perangkat lunak seperti Dreamwaver, MySQL dan XAMPP. Impelementasi Model CRM ini dapat membantu pihak rumah sakit dalam memberikan informasi-informasi mengenai pelayanan rumah sakit kepada masyarakat, mengetahui kebutuhan-kebutuhan masyarakat, dan sebagai alternatif peningkatan kualitas pelayanan dari pelayanan masyarakat.
No copy data
No other version available