Text
Peningkatan hasil belajar pkn melalui model pembelajaran kooperatif tipe question student have siswa kelas V SD Negri 25 Palembang
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PKn, melalui model pembelajaran kooperatif tipe Question
Student Have. Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B yang berjumlah 28 orang
siswa. Terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Dari hasil belajar Pra
siklus (42, 85%) siswa yang mencapai ketuntasan. Sedangkan pada
siklus I pertemuan 1 mengalami peningkatan yakni (53,57%) dan pada
pertemuan 2 (67,85 %) dan hasil belajar siklus II pertemuan 1 (71,42%)
dan pertemuan 2 ( 92,85 %) lebih tinggi daripada siklus I. Kemudian
untuk hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 keaktifan
siswa dalam belajar mencapai 65,17% dan siklus I pertemuan 2 mencapai
72,32%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 keaktifan siswa dalam
belajar menjadi 74,46 % dan pada siklus II pertemuan kedua keaktifan
siswa dalam belajar menjadi meningkat 86,07 %. Dengan demikian
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have ini
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan.
No copy data
No other version available