The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan keterampilan menulis pantun anak siswa kelas IV C SD11 Indralaya dengan menggunakan metode pembelajaran guided note taking

Text

Upaya meningkatkan keterampilan menulis pantun anak siswa kelas IV C SD11 Indralaya dengan menggunakan metode pembelajaran guided note taking

Ria Citra Melanie - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun anak siswa
kelas IVC SD Negeri 11 Indralaya dengan menggunakan metode pembelajaran
Guided Note Taking. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan empat tahapan
pelaksanaan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa adanya peningkatan hasil menulis pantun anak siswa kelas IVC SD Negeri 11
Indralaya dari Siklus I sampai Siklus III dari 18 siswa (46%) yang tuntas belajar
menjadi 35 siswa (90%). Nilai ketuntasan belajar siswa pada Siklus I 18 siswa (46%),
kemudian setelah Siklus II meningkat menjadi 31 siswa (79%) yang tuntas belajar,
Siklus III mengalami peningkatan sebanyak 35 siswa (90%) yang tuntas belajar. Dari
hasil pengamatan dapat dilihat bahwa hasil aktivitas belajar siswa pada Siklus I
dikategorikan aktif yaitu sebanyak 14 siswa, pada Siklus II siswa dikategorikan aktif
yaitu sebanyak 26 siswa sedangkan pada Siklus III siswa dikategorikan aktif yaitu
sebanyak 33 siswa. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode pembelajaran Guided Note Taking
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa
Indonesia di kelas IVC SD Negeri 11 Indralaya tahun ajaran 2012/2013.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Ria u 2013
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Collation
xiii, 58 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
menulis, pantun anak, metode pembelajaran Guided N
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search