Text
Upaya meningkatkan keterampilan menulis pantun anak siswa kelas IV C SD11 Indralaya dengan menggunakan metode pembelajaran guided note taking
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun anak siswa
kelas IVC SD Negeri 11 Indralaya dengan menggunakan metode pembelajaran
Guided Note Taking. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan empat tahapan
pelaksanaan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa adanya peningkatan hasil menulis pantun anak siswa kelas IVC SD Negeri 11
Indralaya dari Siklus I sampai Siklus III dari 18 siswa (46%) yang tuntas belajar
menjadi 35 siswa (90%). Nilai ketuntasan belajar siswa pada Siklus I 18 siswa (46%),
kemudian setelah Siklus II meningkat menjadi 31 siswa (79%) yang tuntas belajar,
Siklus III mengalami peningkatan sebanyak 35 siswa (90%) yang tuntas belajar. Dari
hasil pengamatan dapat dilihat bahwa hasil aktivitas belajar siswa pada Siklus I
dikategorikan aktif yaitu sebanyak 14 siswa, pada Siklus II siswa dikategorikan aktif
yaitu sebanyak 26 siswa sedangkan pada Siklus III siswa dikategorikan aktif yaitu
sebanyak 33 siswa. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode pembelajaran Guided Note Taking
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa
Indonesia di kelas IVC SD Negeri 11 Indralaya tahun ajaran 2012/2013.
No copy data
No other version available