Text
Pengaruh strategi reporting real event (melaporkan peristiwa nyata) terhadap kemampuan menulis berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah strategi reporting real
event berpengaruh terhadap kemampuan menulis berita siswa kelas
VIII SMP Negeri 1 Palembang. Metode penelitian ini berbentuk
kuasi eksperimen. Metode eksperimen semu dipakai dengan
menggunakan kelas-kelas yang sudah ada sebagai kelompoknya,
baik untuk kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol.
Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang
semester 1 tahun pelajaran 2012/2013. Jumlah populasi 208 orang.
Sampel penelitian 60 orang, terdiri dari 30 orang siswa kelas VIII.6
(kelas eksperimen) dan 30 orang siswa kelas VIII.7 (kelas kontrol).
Data penelitian didapat dari tes kemampuan menulis berita. Analisis
data menggunakan uji t. Dari pengujian uji-t, diketahui bahwa thitung adalah 4,440 dan t-tabel adalah 1,67 dengan df = 58 pada
tingkat signifikansi 95% (ά = 0,05). Kriteria pengujian hipotesis
adalah Ho diterima jika –t (1 - 1/2 α)
No copy data
No other version available