Text
Pengaruh strategi pembelajaran bangkitkan minat terhadap motivasi belajar ekonomi peserta didik kelas x di SMA Negeri 7 Palembang
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah perbedaan pengaruh strategi
pembelajaran bangkitkan minat dengan strategi pembelajaran pertanyaan yang
disiapkan terhadap motivasi belajar ekonomi peserta didik kelas X di SMA Negeri 7
Palembang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan pengaruh
strategi pembelajaran bangkitkan minat dengan strategi pembelajaran pertanyaan
yang disiapkan terhadap motivasi belajar ekonomi peserta didik kelas X di SMA
Negeri 7 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas
X di SMA Negeri 7 Palembang yang terdiri dari delapan kelas yang berjumlah 309
peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik
Cluster Random Sampling, sehingga terpilih kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan
X.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan
observasi, baik observasi untuk melihat motivasi belajar peserta didik maupun
observasi untuk melihat pelaksanaan strategi pembelajaran. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu angket dengan menghitung persentase skor yang diperoleh dan
observasi dengan menghitung tiap-tiap deskriptor yang tampak serta uji-t dengan
taraf signifikansi α = 0,05 atau 5% untuk menguji hipotesis, maka diperoleh hasil
thitung 24 > ttabel 3,7 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh
strategi pembelajaran bangkitkan minat dengan strategi pembelajaran pertanyaan
yang disiapkan terhadap motivasi belajar ekonomi peserta didik kelas X di SMA
Negeri 7 Palembang. Dari penelitian tersebut, disarankan agar guru lebih
memperhatikan strategi pembelajaran yang akan digunakan dan menjadikan strategi
pembelajaran bangkitkan minat ini sebagai alternatif dalam proses pembelajaran,
sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik
No copy data
No other version available