Text
Peningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray siswa kelas IV SD Negeri 24 Indralaya
Penelitian ini berjudul “Peningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan
Menggunakan Model Pembelajaran two stay two stray Siswa Kelas IV SDN 24 Indralaya”.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran
kooperatif two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 24 Indralaya. Prosedur penelitian menggunakan
rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Kriteria ketuntasan maksimum (KKM)
yang digunakan di SD Negeri 24 Indralaya adalah 65 dengan ketuntasan klasikal
85%. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah tes dan observasi. Hasil penelitian pada siklus I diketahui ratarata hasil belajar siswa 67,83 dengan persentase ketuntasan belajar 70% sedangkan
hasil penelitian pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 73,17 dengan persentase
ketuntasan belajar 86,67%. Hasil Observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I
pertemuan pertama menunjukan (13,33%) siswa yang aktif belajarnya (50%) siswa
dikategorikan cukup aktif, pada siklus I pertemuan kedua ada (3,33%) siswa yang
sangat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, (23,33%) siswa dikategorikan
aktif belajarnya. Sedangkan hasil observasi pada siklus II pertemuan pertama
menunjukan (6,67%) siswa yang sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan
(43,33%) siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil
belajar siswa tersebut penerapan model pembelajaran two stay two stray dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV
SDN 24 Indralaya.
No copy data
No other version available