The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh penggunaan media pembelajaran bloglearningberbasis moodleterhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang

Text

Pengaruh penggunaan media pembelajaran bloglearningberbasis moodleterhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang

WANDA - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Blog-Learning
Berbasis Moodle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Ekonomi Di SMA Negeri 5 Palembang”. Rumusan masalah penelitian ini yaitu
1.Adakah perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran blog-learning
berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap keaktifan belajar
siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang? 2. Adakah
perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran blog-learning berbasis moodle
dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang? Sedangkan tujuannya 1.Untuk
mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran bloglearning berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap keaktifan
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. 2. Untuk
mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran bloglearning berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Hipotesis
dari penelitian ini yaitu hipotesis 1. Ha: Ada perbedaan pengaruh penggunaan media
pembelajaran blog-learning berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net
terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA negeri 5
Palembang dan Ho: tidak ada perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran
blog-learning berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap
keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang.
Hipotesis 2. Ha: Ada perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran bloglearning berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang dan Ho:
tidak ada perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran blog-learning
berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas X semester genap di SMA Negeri 5 Palembang pada tahun
ajaran 2011/2012 dengan jumlah 182 orang siswa. Sedangkan sampelnya yaitu kelas
X.1 dan X.2 yang berjumlah 60 orang. Sampel tersebut diperoleh dengan
menggunakan teknik cluster sampling yang setelah diundi didapat kelas X.1 sebagai
kelas eksperimen sebanyak 30 orang siswadan kelas X.2 sebagai kelas kontrol
sebanyak 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
Observasi yang digunakan untuk melihat tingkat keaktifan belajar siswa selama
proses pembelajaran berlangsung didalam kelas sedangkan tes digunakan untuk
mengumpulkan data mengenai hasil belajar siswa yang diberikan pada setiap akhir
pertemuan selama tiga kali pertemuan. Adapun teknik analisis data yang digunakan
yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis dengan rumus uji-t. berdasarkan analisa data
observasi yang dilakukan didapat thitung9,72 dan ttabel 1,876 dengan demikian hipotesis
yang diajukan diterima bahwa ada perbedaan pengaruh penggunaan media
pembelajaran blog-learning berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net
terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5
Palembang. Sedangkan berdasarkan analisa data tes yang dilakukan didapat thitung 9,24
dan ttabel 1,876 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima bahwa ada
perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran blog-learning berbasis moodle
dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Wan p 2012
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2012
Collation
Maaf daftar isi tidak tersedia
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Blog-Learning Berbasis Moodle, Keaktifan Belajar S
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search