Text
Pengaruh penggunaan media pembelajaran bloglearningberbasis moodleterhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Blog-Learning
Berbasis Moodle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Ekonomi Di SMA Negeri 5 Palembang”. Rumusan masalah penelitian ini yaitu
1.Adakah perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran blog-learning
berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap keaktifan belajar
siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang? 2. Adakah
perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran blog-learning berbasis moodle
dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang? Sedangkan tujuannya 1.Untuk
mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran bloglearning berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap keaktifan
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. 2. Untuk
mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran bloglearning berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Hipotesis
dari penelitian ini yaitu hipotesis 1. Ha: Ada perbedaan pengaruh penggunaan media
pembelajaran blog-learning berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net
terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA negeri 5
Palembang dan Ho: tidak ada perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran
blog-learning berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap
keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang.
Hipotesis 2. Ha: Ada perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran bloglearning berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang dan Ho:
tidak ada perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran blog-learning
berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas X semester genap di SMA Negeri 5 Palembang pada tahun
ajaran 2011/2012 dengan jumlah 182 orang siswa. Sedangkan sampelnya yaitu kelas
X.1 dan X.2 yang berjumlah 60 orang. Sampel tersebut diperoleh dengan
menggunakan teknik cluster sampling yang setelah diundi didapat kelas X.1 sebagai
kelas eksperimen sebanyak 30 orang siswadan kelas X.2 sebagai kelas kontrol
sebanyak 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
Observasi yang digunakan untuk melihat tingkat keaktifan belajar siswa selama
proses pembelajaran berlangsung didalam kelas sedangkan tes digunakan untuk
mengumpulkan data mengenai hasil belajar siswa yang diberikan pada setiap akhir
pertemuan selama tiga kali pertemuan. Adapun teknik analisis data yang digunakan
yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis dengan rumus uji-t. berdasarkan analisa data
observasi yang dilakukan didapat thitung9,72 dan ttabel 1,876 dengan demikian hipotesis
yang diajukan diterima bahwa ada perbedaan pengaruh penggunaan media
pembelajaran blog-learning berbasis moodle dengan media pembelajaran e-dukasi.net
terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5
Palembang. Sedangkan berdasarkan analisa data tes yang dilakukan didapat thitung 9,24
dan ttabel 1,876 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima bahwa ada
perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran blog-learning berbasis moodle
dengan media pembelajaran e-dukasi.net terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang
No copy data
No other version available