Text
Upaya meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran kuantum pada siswa kelas V SD Negeri 23 Indralaya
Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Melalui Model Pembelajaran Kuantum pada Siswa Kelas V SD Negeri 23 Indralaya”.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
pada siswa kelas V SD Negeri 23 Indralaya melalui penerapan model pembelajaran
kuantum. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 23 Indralaya yang berjumlah 25 siswa,
terdiri dari 13 siswa perempuan dan 12 siswa laki–laki. Penelitian ini dilaksanakan
pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus dengan empat tahap pelaksanaan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang terdiri dari
lima belas butir soal dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
pada siswa kelas V SD Negeri 23 Indralaya dari 64% menjadi 96%, nilai ketuntasan
belajar siswa pada siklus I mencapai 64% dengan rata-rata ketuntasan hasil belajar
61,8 dan nilai ketuntasan belajar siswa pada siklus II mencapai 96% dengan rata-rata
ketuntasan hasil belajar 73,4. Hasil aktivitas belajar siswa dikategorikan sangat baik,
dimana aktivitas belajar siswa dengan kategori sangat aktif dan aktif 100% dengan
rata-rata kelas 81,72. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan model pembelajaran
kuantum dikategorikan sangat baik dengan ketuntasan klasikal mencapai 96% dengan
siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 24 orang dari 25 orang siswa
No copy data
No other version available