The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran kuantum pada siswa kelas V SD Negeri 23 Indralaya

Text

Upaya meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran kuantum pada siswa kelas V SD Negeri 23 Indralaya

UNITA SARI - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Melalui Model Pembelajaran Kuantum pada Siswa Kelas V SD Negeri 23 Indralaya”.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
pada siswa kelas V SD Negeri 23 Indralaya melalui penerapan model pembelajaran
kuantum. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 23 Indralaya yang berjumlah 25 siswa,
terdiri dari 13 siswa perempuan dan 12 siswa laki–laki. Penelitian ini dilaksanakan
pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus dengan empat tahap pelaksanaan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang terdiri dari
lima belas butir soal dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
pada siswa kelas V SD Negeri 23 Indralaya dari 64% menjadi 96%, nilai ketuntasan
belajar siswa pada siklus I mencapai 64% dengan rata-rata ketuntasan hasil belajar
61,8 dan nilai ketuntasan belajar siswa pada siklus II mencapai 96% dengan rata-rata
ketuntasan hasil belajar 73,4. Hasil aktivitas belajar siswa dikategorikan sangat baik,
dimana aktivitas belajar siswa dengan kategori sangat aktif dan aktif 100% dengan
rata-rata kelas 81,72. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan model pembelajaran
kuantum dikategorikan sangat baik dengan ketuntasan klasikal mencapai 96% dengan
siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 24 orang dari 25 orang siswa


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Uni u 2012
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2012
Collation
xiv, 116 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, model pemb
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search