The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tai (team assisted individualization) terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Palembang

Text

Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tai (team assisted individualization) terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Palembang

Ratih Permata Sari - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

enelitian tentang pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI
(Team Assisted Individualization)terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII
pelajaran Biologi di SMP Negeri 43 Palembang telah dilaksanakan pada tahun ajaran
2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap aktivitas dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas VIII SMP Negeri 43 Palembang.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen semu. Kelas percobaan
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 dengan jumlah siswa 30 orang dan VIII.7
dengan jumlah siswa 34 orang. Data hasil belajar siswa berupa nilai gain dan aktivitas
belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi selama diterapkan model pembelajaran
kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization), diperoleh rata-rata aktivitas siswa
selama tiga pertemuan berturut-turut yaitu 77,99%, 74,08%, dan 86,45%. Hasil belajar
siswa diperoleh dengan menggunakan penilaian hasil belajar (Gain) yang merupakan
selisih nilai postes dan pretes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata
pretest, posttest, dan rata-rata n-gain untuk materi KD 2.2, KD 2.3, KD 2.4 dalam tiga
pertemuan yaitu 0,46; 0,47; dan 0,51 serta nilai rata-rata indeks n-gain sebesar 0,49
yang dikategorikan sedang. Ketuntasan belajar siswa pada tiga pertemua yaitu 93,33%,
yang artinya siswa sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Berdasarkan data
yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
TAI berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Rat p 2012
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2012
Collation
xiv, 45 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
TAI (Team Assisted Individualization), aktivitas,
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search