The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh model pembelajaran pertemuan kelas terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS di SMP Negeri 33 Palembang

Text

Pengaruh model pembelajaran pertemuan kelas terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS di SMP Negeri 33 Palembang

Nadia Namira - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan pengaruh model
pembelajaran pertemuan kelas dengan model pembelajaran pelatihan kesadaran
terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS di SMP Negeri 33 Palembang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model
pembelajaran pertemuan kelas dengan model pembelajaran pelatihan kesadaran
terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS di SMP Negeri 33 Palembang.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII di SMP Negeri
33 Palembang yang terdiri dari delapan kelas yang berjumlah 293 peserta didik.
Teknik pengambilan sampel diambil menggunakan Cluster Random Sampling,
sehingga terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Statistik
yang digunakan adalah statistik parametris melalui koefisien determinan KP = 100%,
berarti ada pengaruh model pembelajaran pertemuan kelas terhadap hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 33 Palembang sebesar 100 %
dan uji-t dengan taraf signifikan (α=0,5). Adapun hasil perhitungan uji-t didapat
thitung > ttabel yaitu t hitung = 5,88 > ttabel = 1,99 Apabila thitung > ttabel Ho ditolak Ha
diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh model
pembelajaran pertemuan kelas dengan model pembelajaran pelatihan kesadaran
terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS di SMP Negeri 33 Palembang,
Oleh karena itu disarankan kepada guru agar dapat menerapkan model pembelajaran
pertemuan kelas dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Nad p 2013
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Collation
xi, 57 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Model Pembelajaran pertemuan kelas, Hasil Belajar
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search