Text
Pengaruh model pembelajaran pertemuan kelas terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS di SMP Negeri 33 Palembang
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan pengaruh model
pembelajaran pertemuan kelas dengan model pembelajaran pelatihan kesadaran
terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS di SMP Negeri 33 Palembang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model
pembelajaran pertemuan kelas dengan model pembelajaran pelatihan kesadaran
terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS di SMP Negeri 33 Palembang.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII di SMP Negeri
33 Palembang yang terdiri dari delapan kelas yang berjumlah 293 peserta didik.
Teknik pengambilan sampel diambil menggunakan Cluster Random Sampling,
sehingga terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Statistik
yang digunakan adalah statistik parametris melalui koefisien determinan KP = 100%,
berarti ada pengaruh model pembelajaran pertemuan kelas terhadap hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 33 Palembang sebesar 100 %
dan uji-t dengan taraf signifikan (α=0,5). Adapun hasil perhitungan uji-t didapat
thitung > ttabel yaitu t hitung = 5,88 > ttabel = 1,99 Apabila thitung > ttabel Ho ditolak Ha
diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh model
pembelajaran pertemuan kelas dengan model pembelajaran pelatihan kesadaran
terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS di SMP Negeri 33 Palembang,
Oleh karena itu disarankan kepada guru agar dapat menerapkan model pembelajaran
pertemuan kelas dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik
No copy data
No other version available