Text
Sistem penanganan pengaduan di Badan Promosi dan Perizinan Penanaman Modal Daerah (BP3MD) Provinsi Sumatera Selatan
Penelitian dalam skripsi ini yang berjudul Sistem Penanganan Pengaduan di Badan Promosi dan Perizinan Penanaman Modal Daerah (BP3MD) Provinsi Sumatera Selatan, Penanganan pengaduan yang merupakan salah satu dari proses di bidang pelayanan perizinan penanaman modal yang menampung keluhan atau protes pengguna jasa terhadap pelayanan perizinan oleh BP3MD yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, kemudian ditindaklanjuti sesuai dengan sistem, prosedur dan mekanisme yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem penanganan pengaduan di Badan Promosi dan Peizinan l'enanaman Modal Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu meneliti, mengetahui dan menggambarkan atau menjelaskan penanganan pengaduan yang dilakukan oleh Pelayanan Terpadu Satu Pintu BP3MD Sumatera Selatan berdasarkan mekanisme yang ada, dengan teori konseptual Sistem Manajemen dipilih karena penelitian ini lebih menekankan pada keterpaduan dari berbagai unsur dalam suatu sistem yang saling berhubungan untuk mewujudkan tujuan yang saling berhubungan untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penanganan pengaduan oleh BP3MD Provinsi Sumatera Selatan masih mengalami kendala seperti sarana dan prasarana yang belum memenuhi kebutuhan para pegawai dan minimnya sumber daya manusia dan dana untuk penanganan pengaduan. Rekomendasi dari skripsi ini adalah sebaiknya jumlah pegawai dioptimalkan dan selaras dengan beban kerja yang ada; pelayanan pengaduan selayaknya direspon cepat agar pelanggan merasa puas terhadap pelayanan diberikan, dan; sebaiknya ditel iti lebih lanjut harapan pelanggan dari sudut kenyamanan prosedur.
No copy data
No other version available