The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh strategi pembelajaran praktek berpasangan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 2 Palembang

Text

Pengaruh strategi pembelajaran praktek berpasangan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 2 Palembang

NELI MARYANI - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan pengaruh strategi
pembelajaran aktif praktek berpasangan dengan strategi pembelajaran aktif membuat
contoh praktek terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di
SMA Negeri 2 Palembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
perbedaan pengaruh strategi pembelajaran aktif praktek berpasangan dengan strategi
pembelajaran aktif membuat contoh praktek terhadap hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang. Populasi dalam penelitian ini
adalah semua peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Palembang yang terdiri dari 9
kelas yang berjumlah 373 peserta didik. Sampel penelitian menggunakan cluster
random sampling, sehingga terpilih kelas X.5 yang berjumlah 42 peserta didik
sebagai kelas eksperimen dan kelas X.4 kontrol yang berjumlah 40 peserta didik.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes bertujuan untuk mengukur
hasil belajar peserta didik, dan observasi bertujuan untuk mengetahui kesesuaian
pelaksanaan penelitian dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis
data yang digunakan untuk menguji hipotesis berupa korelasi product moment
sebesar 50,41% berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, dan uji thitung sebesar
3,970 dan ttabel 1,66. Apabila thitung ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Setelah
dilakukan pengujian terhadap hipotesis dapat disimpulkan ada perbedaan pengaruh
strategi pembelajaran aktif praktek berpasangan dengan strategi pembelajaran aktif
membuat contoh praktek terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang. Dari penelitian tersebut, disarankan guru
harus memberi dorongan kepada peserta didik agar lebih aktif dalam mempraktekan
keterampilan dengan temannya agar strategi pembelajaran praktek berpasangan dapat
berjalan dengan lancar


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
370.15407 Nel a 2013
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Collation
xiii, 55 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
370.15407
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Strategi pembelajaran-hasil belajar
Strategi Pembelajaran Praktek Berpasangan, Hasil B
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search