Text
Implementasi algoritma flood fill pada Robot Maze Solver menggunakan kamera sebagai navigasi
pemain ditugaskan untuk menemukan jalan keluar sebagai tujuan akhir
dari permainan ini. Beberapa algoritma pun telah diciptakan untuk digunakan
dalam permainan labrin. Flood fill adalah salah satu algoritma yang digunakan
untuk menentukan jarak yang terdekat dengan lokasi tujuan akhir. Dengan
perkembangan teknologi sekarang ini, permainan labirin dapat dilakukan oleh
sebuah robot, dimana robot akan ditugaskan untuk berjalan menuju ke lokasi
tujuan akhir dalam sebuah labirin. Dengan menggunakan teknologi computer
vision, sebuah robot dapat diintegrasikan dengan kamera yang berfungsi sebagai
alat navigasi otomatis sehingga robot dapat mencari lokasi tujuan. Kamera yang
dipasang di atas area labirin bertugas untuk menangkap citra, dimana dari
pengolahan citra tersebut akan didapatkan beberapa informasi yang akan
dikirimkan ke mikrokontroler pada robot dengan media bluetooth. Robot akan
bergerak sesuai informasi yang diterima sampai posisi tujuan diketahui. Pada
sepuluh kali percobaan, robot berhasil mencapai tujuan sebanyak sembilan kali,
dengan kata lain tingkat keberhasilan pada percobaan ini sebesar 90%.
No copy data
No other version available