Text
Pengembangan soal matematika model trends international mathematics and science study materi aljabar kelas VIII
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika model TIMSS
yang valid dan praktis serta mengetahui efek potensial soal terhadap kemampuan
memecahkan masalah siswa. Metode penelitian ini yaitu penelitian pengembangan/
pendesainan (Design Research) tipe Developmental Studies. Subjek penelitian ini
sebanyak 36 siswa di SMP Negeri 1 Banyuasin III. Prosedur penelitian ini melalui
tahapan Preminary Evaluation dan Formative Evaluation. Berdasarkan hasil
pengembangan diperoleh 8 soal matematika model TIMSS yang valid secara kualitatif
menurut penilaian validator dan proses one-to-one, valid secara kuantitatif melalui
pengujian butir soal dan praktis tergambar melalui proses small group. Soal tersebut
terdiri dari 5 soal mengenai domain menerapkan dan 4 soal mengenai domain
bernalar dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 56,9.
Informasi lebih dari area potensi kekuatan dan kelemahan siswa dalam memecahkan
masalah pada soal tersebut yaitu sebanyak 30% siswa menginterpretasikan masalah
dengan benar, 39% siswa menggunaan strategi yang benar dan 25% siswa akurat
dalam menjalankan strateginya. Persentase tersebut menjelaskan bahwa siswa sudah
berada dalam tingkatan Expert (Ahli) dan Practitioner (Praktisi) untuk masingmasing aspek yang dideskripsikan.
No copy data
No other version available