Text
Pengembangan customer relationship managment (CRM) pada sistem informasi pemasaran berbasis web di Hotel Limas Palembang
di tengah Kota Palembang. Dengan semakin meningkatnya persaingan usaha
perhotelan, maka Hotel Limas harus dapat menentukan strategi terbaik untuk
dapat mempertahankan pelanggannya dan menarik pelanggan baru. Sampai saat
ini Hotel Limas belum menerapkan konsep CRM dalam menjalin hubungan
dengan pelanggan atau calon pelanggan. Proses promosi yang terbatas, belum
adanya penyimpanan data pelanggan, proses pelayanan yang kurang efektif dan
cepat dan kurang optimal dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Dari
masalah tersebut penulis membantu memberikan solusi strategi pemasaran dengan
konsep Customer Relationship Management (CRM) berbasis web yang berfokus
pada hubungan hotel dan pelanggan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan
kepuasan pelanggan dan terutama untuk mendapatkan (acquire), mempertahankan
(retain) dan meningkatkan pelayanan hotel Limas (enhance). Dalam penelitian
ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi
dan studi pustaka. Dengan menggunakan metode pengembangan FAST
(Framework for the Application of System Thingking) dengan bahasa
pemograman PHP dan basis data MySQL. Hasil yang dicapai dari penelitian
skripsi ini adalah aplikasi layanan berbasis web yang menyediakan informasi
(berita, promosi, produk), melayani masukan berupa saran, keluhan ataupun
pertanyaan serta menyediakan fitur pemesanan online, dan fitur mengirimkan
informasi menggunakan SMS Gateway.
No copy data
No other version available