Text
Pembentukan model peluang pemilihan maskapai penerbangan rute Pangkalpinang-Jakarta dengan regresi logistik multinomial
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan faktor-faktor yang signifikan secara
statistik mempengaruhi konsumen dalam memilih maskapai penerbangan rute
Pangkalpinang-Jakarta dan mendapatkan model peluang pemilihan maskapai
penerbangan. Faktor-faktor atau variabel-variabel bebas yang diamati yang berkaitan
dengan konsumen adalah umur, jenis pekerjaan dan penghasilan perbulan sedangkan
variabel yang berkaitan dengan maskapai adalah banyaknya waktu keberangkatan,
popularitas merek maskapai, ketepatan jadwal penerbangan, kenyamanan fasilitas,
kelengkapan fasilitas, harga, pelayanan pramugari, keamanan dan tayangan iklan.
Pembentukan model dilakukan dengan metode regresi logistik multinomial. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor yang signifikan berpengaruh pada
taraf 10% terhadap peluang pemilihan maskapai yaitu ketepatan jadwal penerbangan,
pelayanan pramugari dan keamanan. Model yang diperoleh sudah cukup tepat dalam
memprediksi model dengan ketepatan hasil prediksi sebesar 60,8%. Odds Ratio
menunjukkan semakin tinggi tingkat Ketepatan Jadwal Penerbangan maka peluang
konsumen memilih maskapai Garuda Indonesia 1,96 kali lebih besar dari peluang
memilih maskapai Lion & Citi Link, sedangkan untuk maskapai Sriwijaya Indonesia
sebesar 0,62 kali lebih kecil dari peluang memilih maskapai Lion & Citi Link
No copy data
No other version available