Text
Peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model children learning in science (CLIS) pada siswa kelas V di SD Negeri 05 Indralaya
Penelitian ini membahas tentang hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 05 Indralaya
dengan menggunakan model Children Learning In Science (CLIS). Permasalahannya adalah
apakah model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil
belajar IPA pada siswa kelas V di SD Negeri 05 Indralaya. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus
meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VC di SD Negeri 05 Indralaya yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari
12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengambilan data dengan menggunakan teknik
tes dan pengamatan. Hasil penelitian pada pelaksanaan siklus I menunjukkan ketuntasan hasil
belajar siswa mencapai 70,83% dan hasil penelitian siklus II menunjukkan ketuntasan hasil
belajar siswa mencapai 91,67%. Persentase hasil keaktifan siswa pada pelaksanaan siklus I
sebesar 64,44% yang dikategorikan cukup aktif. Sedangkan, pada siklus II meningkat
menjadi 80,61% yang dikategorikan aktif. Dari data yang telah terkumpul menunjukkan
bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas VC di SD Negeri 05 Indralaya
dengan menggunakan model Children Learning In Science.
No copy data
No other version available