Text
Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 42 Palembang pada pembelajaran tematik melalui pendekatan CTL( contextual teaching and learning)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negri 42
Palembang dalam pembelajaran tematik melalui pendekatan CTL, penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV
SD Negeri 42 Palembang semester genap 2013/2014 yang berjumlah 23 orang siswa yang
terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Keberhasilan penelitian ini di
amati berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa yang di peroleh dari siklus I.
siswa di nyatakan tuntas belajar bila mencapai KKM yaitu 66 dan suatu kelas di nyatakan
tuntas belajar apabila telah mencapai angka 85% siswa yang mencapai nilai 66 atau lebih.
Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan nilai ketuntasan hasil belajar setiap
pertemuan dan ketuntasan hasil belajar siswa secara berturut-turut dari pra siklus yaitu
43,47%, siklus I 69,56% dan siklus II 86,95%. Setelah melaksanakan penelitian tindakan
kelas, di simpulkan bahwa pendekatan Contextual teaching and learning dapat meningkatkan
hasil belajar tematik siswa.
No copy data
No other version available