Text
Upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi eksposisi dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir siswa kelas VII A MTS Nurul Islam Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi
eksposisi siswa kelas VII A MTs Nurul Islam Bayung Lencir melalui SPPKB.
Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dimulai dengan
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah
siswa kelas VII A MTs Nurul Islam yang berjumlah 20 siswa, terdiri atas 8 siswa
laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakn pada semester genap
yaitu tanggal 18 dan 19 bulan April dan tanggal 16 dan 17 bulan Mei tahun 2014.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan.
Instrumen yang digunakan adalah pengamatan dan tes menulis karangan narasi
eksposisi. Indikator dan kriteria keberhasilan tindakan ini dilihat dari segi proses dan
produk. Hasil penelitian tes menulis karangan narasi eksposisi pada prasiklus terdapat
8 dari 20 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 60,5. Kemudian meningkat pada
siklus I menjadi 12 dari 20 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 71,4. Pada siklus
II menjadi ≥85% siswa sudah dapat menulis karangan narasi eksposisi dan mendapat
nilai rata-rata 80,1. Keaktifan belajar siswa pada siklus I 50% siswa aktif dan
meningkat pada siklus II menjadi ≥70%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat peningkatan dalam menulis karangan narasi eksposisi siswa kelas VII A MTs
Nurul Islam Kabupaten Musi Banyuasin
No copy data
No other version available