Text
Studi kecerdasan adversitas siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Kecamatan Tanjung Raja
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kecerdasan adversitas siswa
pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Se-kecematan Tanjung Raja.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kecerdasan adversitas
siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Se-kecamatan Tanjung Raja?.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri
Se-kecamatan Tanjung Raja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif, sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu
berjumlah 90 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan wawancara.
Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kecerdasan adversitas siswa di
SMA Negeri Se-kecamatan Tanjung Raja. Wawancara digunakan untuk
mempertegas jawaban angket yang sebelumnya telah diisi siswa. Untuk
menganalisis data dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh
kecerdasan adversitas siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Sekecamatan Tanjung Raja berada pada kategori sedang. Ada 3 orang dengan
persentase (3%) berada pada kategori kecerdasan adversitas rendah. Ada 48 orang
dengan persentase (53%) berada pada kategori kecerdasan adversitas sedang. Dan
39 orang dengan persentase (44%) berada pada kategori kecerdasan adversitas
tinggi. Dalam menghadapi kesulitan, mereka memiliki kendali terhadap kesulitan
dalam belajarnya, mereka bertanggung jawab, memiliki usaha agar kesulitan yang
dihadapi bisa teratasi, yakin bisa mengatasi kesulitan itu, mereka menganggap
kesulitan itu berasal dari diri mereka dan emosi mereka ikut berpengaruh jika
menghadapi kesulitan. Saran dari peneliti untuk siswa SMA Negeri Se-kecamatan
Tanjung Raja perlu untuk meningkatkan kecerdasan adversitas yang dimiliki
dengan menganggap kesulitan tersebut merupakan hal yang spesifik dan terbatas
dan terus berusaha dalam menghadapi kesulitan dalam belajar.
No copy data
No other version available