Text
Pengembangan butir soal tes kinerja pada mata pelajaran kimia SMA berdasarkan keterampilan proses sain
Penelitian ini bertujuan mengembangkan butir soal dan rubrik penilaian tes
kinerja berdasarkan keterampilan proses sains dasar. Jenis penelitian adalah
penelitian pengembangan (development research). Model yang digunakan
mengadopsi model pengembangan tes yang terdiri dari tahap Defining the test
universe, audience, and purpose; Developing a test; Revising the test; dan
Validation the test. Produk yang dihasilkan diuji coba tehadap 6 orang guru kimia
dari beberapa SMA di Indralaya dan Palembang, serta 31 siswa kelas XI MIA di
SMA Srijaya Negara Palembang. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa produk
yang dikembangkan termasuk kategori praktis dengan tingkat kepraktisan ratarata mencapai 75%, dan memenuhi kriteria reliabel dengan nilai alpa cronbach
sebesar 0,727. Validator menyatakan produk yang dikembangkan valid dan layak
digunakan. Validitas empiris yang diperoleh dari nilai hasil tes menunjukkan
bahwa produk termasuk dalam kategori valid
No copy data
No other version available